MAKALAH TENTANG MENGETIK 10 JARI

MENGETIK 10 JARI
TUGAS BPTIK
 












Nama         : BERLIANA DEWI E
Nomor       : 10
Kelas         : X MIA 4

Tahun Pelajaran 2015 / 2016

KATA PENGANTAR


Dengan mengucapkan rasa syukur atas kehadhirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan segala rahmat, taufiq, hidayah, dan inyah-Nya kepada kita semua, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan lancar dan baik.
Kami Sadar bahwa, dalam penulisan makalah ini tidak luput dari kerjasama dan bantuan dari beberapa pihak, sehingga sudah sepantasnya dalam kesempatan ini kami menyampaikan terima kasih kepada :

1.       Bapak
2.       Kedua Orang Tua yang telah membantu kami dengan do’a.
3.       Teman-teman dan semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini.
Dalam pembuatan makalah ini mungkin masih jauh dari yang sempurna. Oleh karena itu, saran, kritik, dan petunjuk serta pengarahan yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi terwujudnya pembuatan makalah yang lebih baik.



Karanganyar, 01 Oktober 2015


Penyusun





DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB 1
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
B.      Permasalahan
C.     Tujuan Penulisan
D.     Manfaat Pembelajaran
BAB 2
PEMBAHASAN
A.      Pengertian Mengetik
B.      Sikap dan Waktu Mengetik
C.     Cara dan Tahap Pelaksanaan Proses Mengetik
BAB 3
PENUTUP
A.      Kesimpulan
B.      Saran
DAFTAR PUSTAKA




BAB 1

PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Berdasarkan Kurikulum 2013 menghendaki pendidikan yang mampu mendukung pembangunan dimasa datang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik sehingga yang bersangkutan mampu menghadapi dan memecahkan problem kehidupan yang dihadapinya. Pendidikan harus menyentuh potensi nurani maupun potensi kompetensi peserta didik. Konsep pendidikan yang menyentuh potensi nurani maupun potensi kompetensi peserta didik terasa semakin penting ketika saseorang harus memasuki kehidupan bermasyarakat dan bekerja, karena yang bersangkutan harus mampu menerapkan apa yang dipelajari disekolah untuk mengatasi problem yang di hadapi dalam kehidupan sehari-hari saat ini maupun masa yang akan datang.
Hasil mengetik 10 jari yang diharapkan adalah peserta didik diharapkan mampu menggunakan keyboard dan mengetik 10 jari dengan menggunakan keyboard.

B.      Permasalahan
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan diatas, kemudian disesuaikan dengan kenyataan dilapangan maka dapat dikatakan bahwa upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengetik 10 jari belum dapat terlaksana sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Hal ini terlihat dari cara kerja siswa yang belum mengefektifkan ke 10 jarinya dengan benar waktu proses belajar mengajar berlangsung, ditambah dengan disiplin diri siswa yang sangat kurang untuk dapat menguasai mengetik 10 jari dengan benar.
Oleh sebab itu dalam makalah ini penulis ingin mendiskripsikan tentang kemampuan siswa dalam penguasaan mengetik 10 jari.
C.     Tujuan Penulisan
Berdasarkan latar belakang diatas maka tujuan yang hendak penulis sampaikan dalam makalah ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan meningkatkan pemahaman terhadap landasan kompetensi, yaitu :
1. Pengaruh pengetahuan pada keterampilan.
2. Pengaruh sikap pada pengetahuan.
3. Pengaruh sikap pada keterampilan,
4. Agar semua peserta diklat dapat mengetik 10 jari dengan benar.
5. Agar siswa dapat bekerja dengan computer dengan cepat dan benar.
6. Memahami dasar dan penggunaan keyboard sebagai salah satu metode input

D.     Manfaat Pembelajaran
Manfaat mengetik 10 jari adalah supaya dapat berintegrasi dengan teknologi yang telah diterapkan di industri dengan mudah, melaksanakan jenis-jenis pekerjaan yang dibutuhkan di industri, mengembangkan kemampuan diri secara mandiri untuk mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, dan dapat mengetik 10 jari dengan cepat, tepat dan efisien.









BAB 2
PEMBAHASAN
A.      Pengertian Mengetik
Mengetik adalah suatu pekerjaan yang berupa keterampilan yang sangat didambakan oleh setiap orang yang telah memiliki dasar pendidikan umum. Kenyataan menunjukan bahwa telah banyak orang yang dapat mengetik dalam praktek sehari-hari, namun belum semua menguasai atau mempergunakan cara mengetik modern ( touch system ), sehingga hasil pekerjaan yang diperoleh kurang memuaskan.
Di era global ini, bidang pekerjaan harus pula mencapai kemajuannya. Bertambahnya pekerjaan, haruslah ditempuh cara-cara bekerja yang lebih efisien dan praktis, menguasai mengetik 10 jari diharapkan dapat mengatasi hal ini.
B.      Sikap dan Waktu Mengetik
Ø  Memperagakan Sikap Duduk pada waktu Mengetik.
·         Duduklah tegak dengan punggung bersandar pada kursi. Kepala lurus, dan selalu memandang kepada naskah, dan sekali-kali pada hasil pekerjaan.
·         Kaki tidak boleh menggantung, tetapi harus menapak dilantai berdampingan ridak merapat.
·         Lengan dan bahu sampai siku-siku harus rapat sengan badan dan dari siku mendatar sampai pergelangan tangan. Sikap ini harus wajar dan santai.
·         Jari-jari harus melengkung dengan lemas dan terletak pada tuts basis.
·         Kedua ibu jari punggungnya saling berdampingan dan siap untuk melakukan entakan pada bilah spasi.
·         Kepala dalam sikap bebas untuk melihat ke nskah yang akan diketik.
·         Mata selalu harus melihat pada naskah yang sedang diketik.

Ø  Penempatan Jari-jari Pada Tuts sesuai dengan Fungsinya.
Pada kegiatan mengetik, baik jari-jari kanan maupun jari-jari kiri harus digunakan. Hal ini tidak lain untuk mencapai efisiensi kerja dan menghemat tenaga. Dengan semua jari digunakan, maka kecepatan kerja meningkat.
Ø  Pada waktu mengetik, selain sikap yang baik pada waktu mengetik harus sudah dipersiapkan, juga ketentuan lain yang harus dilaksanakan :
·         Penuntun kertas, pasak kiri dan kanan harus dipasang menurut ukuran yang diperlukan.
·          Pengatur jarak baris ditempatkan pada ukuran yang diperlukan.
·         Alat-alat lainnya yang diperlukan pada waktu akan mengetik harus sudah siap untuk berfungsi. Seperti penjepit kertas harus pada posisi yang diperlukan.

C.     Cara dan Tahap Pelaksanaan Proses Mengetik
Adapula cara dari mengetik 10 jari tersebut, yaitu sebagai berikut :
Untuk mempelajari modul ini tidak ada unit kompetensi dan pengetahuan yang harus dikuasai sebelumnya.
Ø  Petunjuk Penggunaan Modul
Untuk peserta didik
ü  Bacalah modul dengan seksama, terutama bagian instruksi.
ü  Pahami tujuan anda mempelajari modul, sasaran yang diharapkan, tingkat penguasaan yang diharapkan serta waktu yang ditargetkan.
ü  Kerjakanlah tugas dan latihan yang terdapat di dalamnya dengan jujur tanpa melihat kunci jawaban sebelum anda mengerjakannya.
ü  Gunakan teknik membaca cepat dalam mempelajari modul.
ü  Laporkan kemajuan anda kepada guru / instruktur sebelum anda melanjutkan ke modul selanjutnya.
Ø  Usahakan menyelesaikan setiap modul lebih cepat dari waktu yang ditetapkan
Ø   Tingkat pemahaman minimal yang diharapkan sebesar 70%, jika tingkat penguasaan anda kurang dari 70%, pelajari materi / bagian – bagian dari modul yang belum anda kuasai, atau mintalah remediasi dan saran – saran dari guru / instruktur. Ikuti ketentuan yang berlaku dalam setiap modul sebelum anda melanjutkan ke bagian lain atau ke modul berikutnya.
Ø  Sebelum memberikan verifikasi keberhasilan siswa harus mengevaluasi keberhasilan peserta didik dengan memberikan pertanyaan, soal, test dan sebagainya yang telah dipersiapkan terlebih dahulu.
Ø  Modul yang digunakan oleh peserta didik harus dimulai secara berurutan.
Ø  Peserta didik dapat melanjutkan ke modul berikutnya setelah diverifikasi.
Ø  Bila peserta didik dapat menyelesaikan seluruh modul dalam satu tingkat dengan waktu kurang dari yang ditetapkan, maka mereka mengulanginya kembali














BAB 3
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Dari uraian yang dikemukakan di atas dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut :
v  Untuk menghasilkan tamatan yang bermutu dan siap bersaing, maka peserta diklat harus menguasai standar kompetensi dasar yang dituntut oleh dunia usaha /industri sebagai lapangan pekerjaannya.
v  Kenyataan menunjukan bahwa telah banyak orang yang dapat mengetik dalam praktek sehari-hari, namun belum semua menguasai atau mempergunakan cara mengetik modern ( touch system ), sehingga hasil pekerjaan yang diperoleh kurang memuaskan.
v  Dari hasil pengamatan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung ternyata siswa banyak yang tidak kreatif dalam mengerjakan latihan dalam artian tergantung dengan keberadaan guru, siswa tidak atau kurang memahami landasan kompetensi, diantaranya pengetahuan, keterampilan dan sikap.

B.      Saran


v  Kepada siswa diharapkan dalam proses belajar mengajar untuk dapat menerapkan mengetik 10 jari dengan benar tanpa melihat pada mesin dan belajar dengan disiplin terhadap diri sendiri. Karena menguasai mesin ketik manual dengan baik, akan membantu cara kerja yang cepat saat mengetik dengan computer, karena tuts/keyboard pada mesin ketik sama dengan keyboard pada komputer.
v  Kepada rekan sesama guru agar lebih menekankan kepada siswa untuk dapat mengaktifkan ke 10 jarinya dengan benar.

DAFTAR PUSTAKA

Widyoko, Eko P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.
Sudijono, Anas. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher


1 Response to "MAKALAH TENTANG MENGETIK 10 JARI"